Jumat, 25 Maret 2016

Pertemuan ke 4: Latihan Exception Handling



by - Putri Asfian
TI131031

Assalamuallaikum….
Sahabat semuanya kali ini pada pertemuan 4 kita akan membahan kelanjutan dari pertemuan 3, tetapi kali ini kita akan coba dengan mencoba latihan bagaiman menggunakan program Exception Handling pada visual studio dan beberapa pengertian beserta fungsi dari Exception Handling itu sendiri…

Pertama untuk lebih baiknya sebelum kita langsung latihan sebaiknya kita ketahui dulu apa itu Exception Handlin :
BEBERAPA PENGERTIAN DARI :
·         Exception adalah setian kejadian yang abnormal, tidak diharapkan, dan kondisi yang tidak umum yang mungkin terjadi pada saat run – time program.
·         Exception adalah event yang terjadi ketika program menemui kesalahan saat instruksi program dijalankan.
·         Exception singkatan dari Exception Events. Menurut definisi umum, exception adalah kondisi abnormal yang terjadi saat run – time. Runtime error atau kesalahan – kesalahan yang terjadi pada saat program berjalan dan exception. Exception dapat dibangkitkan secara otomatis oleh system java runtime maupun sengaja kita buat melalui pernyataan tertentu untuk tujuan tertentu.


Nah dapat kita simpulkan dari pengertian – pengertian di atas, exception handling adalah suatu penanganan saat terjadi kesalahan pada sebuah program akan terjadi suatu bentuk penanganan oleh java runtime ataupun di lakukan oleh kita yang sering di sebut dengan exception handling dan exception handling sudah berjalan otomatis oleh system runtime atau dijalankan oleh kita melalui sebuah prosedur untuk mendapatkan suatu hasil tertentu atau dalam arti lain yaitu sesuatu cara untuk mengatasi kesalahan.

FUNGSI EXCEPTION HANDLING
Apa sih fungsi dari exception hadling itu ?
Fungsi dari exception handling adalah untuk mengatasi suatu kesalahan inputan user dengan suatu metode kita akan memberikan pesan pada saat user salah memasukan inputan dengan ini program tidak akan tertutup dengan sendirinya.

OK..mungkin cukup yah teman - teman dari penjelasan di atas untuk lebih jelasnya kita langsung saja ke Latihan Programnya.

Latihan :

1.      Buat project baru
2.     Buat app seperti ini



    3.   Klik 2 kali button Calculate, dan masukan code seperti dibawah ini  


 4.    Kemudian runing aplikasinya, sehingga akan muncul seperti gambar di bawah ini.


5. Sekrang kita coba masukan String kosong “” pada payPeriode, maka akan muncul Error.




6.      Kita lakukan ExceptionHandler 1 try catch

7. Run App, dan lakuan skenario seperti sebelumnya.

 8.      Cara ke-2 Kita bisa melkaun Nested (Bersarang) exception Handler
9. Kemudian running aplikasinya









 10.  Kita bisa juga lakukan cara Menampilkan Spesific Error Message  menampilkan Error berdasarkan ty error nya. Contohnya seperti ini




11.  Kita juga bisa menampilkan langsung pesan error dari systemnya dengan menggunakan:










Demikian Latihan mengenai Exception Handling  yang bisa saya kerjakan pada kesempatan kali ini, semoga bisa membatu teman – teman  dan para pembaca. Dan sebagai pelajar  saya juga  masih dalam proses pembelajaran sehingga kita bisa belajar bersama – sama dalam memperbanyak ilmu pengetahuan kita. Sehingga apabila teman – teman ada yang ingin menambahkan dari apa yang sudah saya jelaskan di atas sangat di persilahkan karena saya juga masih dalam pembelajaran mengenai Exception Handling ini ….Terima kasih semuanya ….
wassalamualaikum wr,wb …




Tidak ada komentar:

Posting Komentar